Pengertian, Komponen Serta Contoh Surat Lamaran Kerja
Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan
CoratCoret.my.id - Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan untuk bekerja di suatu lembaga, perusahaan, atau perseoran terbatas (PT), yang pada umumnya memiliki bagian-bagian berisi identitas diri, kemampuan yang di miliki, pendidikan, hingga keterangan keahlian, dan pengalaman.
Surat lamaran kerja merupakan salah satu cara untuk memberi tahukan pihak pencari pekerjaan tentang informasi yang di butuhkan dari pencari kerja, apakah pencari kerja memenuhi kebutuhan perusahaan atau tidak.
Sayangnya hingga saat ini masih ada banyak orang yang mengalami kendala saat melakukan proses lamaran atau proses melamar pekerjaan. Hal ini disebabkan karena dirinya masih kurang baik dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan yang menarik dan benar.
Namun perlu diketahui bahwa membuat surat lamaran kerja yang menarik bukan berarti Anda menghias dokumen tersebut layaknya membuat tugas mengarang sewaktu sekolah.
Sekarang ini teknologi sudah semakin canggih, jika memungkinkan, Anda mendesainnya menggunakan layout ataupun desain khusus.
Surat lamaran yang menarik akan memberi peluang yang lebih besar untuk mendapat perhatian bagi para pimpinan perusahaan pencari kerja atau minimal pegawai yang ditugaskan perusahaan untuk mencari pegawai baru seperti manager dan HRD. Usahakan tidak menggunakan tulisan tangan dalam membuat surat lamaran pekerjaan, karena kemungkinan sulit untuk di baca, dan membuat pencari tenaga kerja mangabaikan surat yang anda buat.
Jika bisa menunjukkan bakat dan kemampuan ketika melamar kerja pada Surat Lamaran Pekerjaan yang anda buat, maka Anda akan dapat menambah peluang untuk di panggil pada sesi berikut.
Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
berikut tips cara membuat Surat Lamaran Kerja yang menarik, baik, dan benar sehingga bisa menambah kesempatan anda untuk di terima kerja :1. Pastikan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Anda harus menggunakan bahasa yang resmi.
2. Gunakan kata yang sopan namun resmi. Hal ini karena Anda akan membuat surat secara resmi ke sebuah perusahaan. Jangan menggunakan bahasa gaul ataupun menggunakan bahasa daerah yang tidak akan dimengerti.
3. Jangan bertele-tele dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi dan sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja.
4. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan sesuai dengan data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat Anda melamar kerja.
5. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja. Dengan begitu Anda
Komponen Surat Lamaran Kerja
Dalam Penulisan Surat lamaran kerja memiliki aturan baku yang harus Anda
ikuti. Selain menggunakan bahasa formal dan baku, surat lamaran kerja yang baik
dan benar juga harus punya komponen wajib berikut ini:
1. Tempat dan Tanggal Surat
Tempat dan tanggal pada surat lamaran kerja ditempatkan di
pojok kanan atas kertas. Tempat dan tanggal ditulis dengan pemisah “koma” dan
tanpa akhiran titik.
Yogyakarta, 12 Maret 2021
2. Lampiran dan Perihal Surat
Kata “lampiran” harus ditulis utuh tanpa disingkat. Kemudian
angka yang menunjukkan jumlah lampiran harus ditulis dengan huruf.
Contohnya:
Lampiran: Tiga Lembar
Perihal: Lamaran Pekerjaan
3. Alamat Tujuan Surat
Pada bagian atas surat biasanya orang selalu menuliskan “Kepada”. Tetapi ternyata hal ini dilarang ditulis dalam surat lamaran kerja. Ada contoh surat lamaran kerja yang memang mencantumkannya. Tapi sebaiknya Anda tidak perlu menuliskan kata “kepada”.
Penyebutan orang/pimpinan yang dituju oleh surat juga tidak
boleh mendapat awalan “Bapak/Ibu”. Cukup tuliskan saja jabatan yang dituju.
Alamat tujuan surat juga tidak boleh disingkat. Tapi usahakan tidak lebih dari
3 baris.
Yth. Manager HRD PT. Makmur Abadi
Jalan H.R. Rasuna Said No. 03A Kav.04
Jakarta Selatan
4. Salam Pembuka Surat
Salam yang paling umum digunakan dalam surat lamaran kerja
adalah “Dengan Hormat”. Salam ini biasa ditulis terpisah dan diakhiri dengan
tanda koma. Tapi ternyata sebaiknya salam ini dijadikan 1 baris dengan kalimat
pengiringnya.
Contoh formalnya:
Dengan Hormat, berdasarkan informasi lowongan kerja yang dimuat dalam situs….
Dengan Hormat,
Berdasarkan penguman lowongan kerja yang tertera di koran…
5. Paragraf Pembuka Surat
Paragraf pembuka surat ini hendaknya ditulis dengan bahasa
yang santun. Anda sebaiknya mencantumkan sumber informasi lowongan kerja (jika
ada) dan juga keinginan tulus untuk bisa bergabung di perusahaan tersebut.
6. Inti Surat
Pada bagian inti surat lamaran kerja ini terdapat biodata
singkat mengenai diri Anda. Kemudian tulis juga daftar lampiran yang disertakan
dalam lamaran.
7. Paragraf Penutup
Pada bagian ini tuliskan keinginan Anda untuk bisa diterima
bekerja di tempat tersebut. Anda bisa menuliskan keinginan untuk dipanggil tes
dan interview. Jangan lupa untuk menuliskan terima kasih pada akhir paragraf.



